Menata Ruang Dapur (Bag. 2) – Dapur menurut Feng Shui

Menurut ilmu feng shui, dapur merupakan sumber kehidupan. Dapur menjadi tempat utama untuk mengolah makanan dan minuman. Keberadaan dapur ditinjau dari sudut ilmu feng shui dapat memberi keberuntungan bagi sebuah keluarga bila penempatannya dilakukan dengan benar. Tetapi sebaliknya, dapat memberikan pengaruh buruk bagi penghuni rumah apabila salah dalam pengaturannya. Terlepas dari itu semua, di balik kepercayaan dan pemahaman tertentu seperti ilmu feng shui, biasanya selalu terdapat alasan logis yang diperoleh secara empiris. Itulah sebabnya, tidak ada salahnya kita menilik aturan-aturan feng shui mengenai tata letak dapur ini.

 

Ada beberapa tips feng shui praktis seputar feng shui dapur. Aturan-aturan utama mengenai dapur dalan feng shui adalah :

 

  1. Jangan meletakkan dapur di pusat rumah, karena dapur mempunyai energi panas yang dapat menyebar ke seluruh area. Secara logika, dapur yang terletak di pusat rumah tentu tidak memiliki ventilasi yang memadai, sehingga menjadi pengap dan lembab, serta menyebarkan panas dan asap ke bagian rumah yang lain.
  2. Jangan meletakkan dapur di area utara rumah. Area utara pada kompas feng shui adalah tempat untuk unsur air.
  3. Dapur jangan terletak di bawah toilet yang berada di lantai di atasnya.
  4. Pintu dapur jangan berhadapan dengan pintu toilet.
  5. Jangan menempatkan dapur di bawah kamar tidur di lantai atas.
  6. Begitu pula dengan ruang keluarga, sangat disarankan untuk tidak berada di atas dapur.
  7. Dapur atau pantry juga jangan diletakkan di bawah atau di samping tangga. Secara logika, tangga merupakan area yang banyak menghasilkan debu karena hentakan kaki yang menaiki tangga. Tentu kita tidak ingin debu tersebut masuk ke dalam masakan bukan ?

 

Dalam ilmu feng shui, kompor (stove) merupakan elemen dapur yang utama dan paling perlu diperhatikan. Berikut pendapat ilmu feng shui khusus mengenai elemen kompor saja :

 

  1. Posisi kompor jangan menghadap ke pintu ruangan atau menghadap ke tangga. Hal ini untuk menghindari ‘hangusnya’ energi positif Chi. Hilangnya energi ini dapat menyebabkan pencari nafkah kehilangan atau terhambat pekerjaannya.
  2. Kompor tidak boleh ditempatkan berhadapan atau bersebelahan dengan lemari es, bak cuci piring, wastafel, atau mesin cuci. Posisi ini menyebabkan adanya pertentangan antar elemen. Lemari es, bak cuci piring, wastafel, atau mesin cuci yang berunsur air dapat ‘mengguyur’ api makanan dan kemakmuran. Kondisi perekonomian keluarga akan mengalami kondisi stagnan seperti makanan yang beku di dalam lemari es .
  3. Kompor jangan ditempatkan di bawah toilet, di bawah kamar mandi atau tangki air yang ada di lantai atas. Hal ini dikhawatirkan karena energi negatif dapat turun ke dapur yang dapat menyapu energi chi dan menyapu pula keberuntungan .

 

  1. Kompor jangan ditempatkan di bawah kamar tidur yang ada di lantai atas. Menurut ilmu feng shui posisi kompor di bawah kamar tidur dapat menyebabkan pengguna kamar sering sakit . Kamar tersebut juga tidak cocok untuk orang yang mudah marah atau mudah tersinggung.
    1. Kompor sebaiknya tidak ditempatkan di bawah jendela dapur . Posisi ini dalam feng shui dikatakan sangat rentan, karena adanya angin dari luar yang akan dengan mudah memadamkan api kompor, yang berarti tidak ada jaminan akan penghidupan yang baik.
    2. Usahakan saat Anda sedang memasak di dapur, posisi Anda tidak membelakangi pintu. Dalam ilmu feng shui, hal ini kurang baik bagi usaha Anda.

 

Belum cukup pengertian kita mengenai feng shui dapur? Nah, ternyata masih ada lagi tips-tips menata dapur yang berdasarkan ilmu feng shui, yaitu :

 

  • Hindarkan pipa air yang melintang di atas kompor. Baik pipa air bersih ataupun pipa air kotor.
  • Tempat menyimpan beras harus selalu tertutup, dan usahakan jangan sampai habis sama sekali, hal ini untuk mempertahankan energi yang sudah stabil.
  • Jangan memajang lukisan air di dapur.
  • Jangan memasang foto seluruh keluarga atau anggota keluarga di dapur.
  • Jangan memasang foto atau lukisan binatang ganas di dapur.
  • Jangan memasang cermin di dapur.
  • Pastikan kompor selalu dalam kondisi bersih dan dapat berfungsi dengan baik. Hal ini merupakan indikator keuangan Anda.
  • Ternyata pemakaian keramik sebagai penutup meja dapur dinilai memiliki pengaruh yang lebih baik menurut ilmu feng shui. Pemakaian keramik akan mendukung energi tanah yang berguna untuk meningkatkan energi bumi dan memberikan energi kekayaan.

 

Sedangkan dalam teori umum arsitektur, dapur yang baik naruslah :

 

  1. Memiliki ventilasi alami secara langsung. Bila karena keterbatasan lahan dapur tidak bisa mempunyai ventilasi alami, haruslah menggunakan ventilasi buatan atau mekanis dengan cooker hood, cerobong asap, atau exhaust fan.
  2. Dapur teletak dekat dengan ruang makan dan memiliki lalu lintas secara langsung, tidak perlu melewati ruang keluarga, ruang tidur, dan ruang lainnya.
  3. Sebaiknya dapur memiliki akses tersendiri yang terpisah dari akses utama dari ruang tamu.

 

Ternyata sungguh seru dan banyak sekali aturan yang harus kita ikuti bila ingin menata dapur sesuai dengan ilmu feng shui. Anda ingin mencobanya ?

 

feng shui

feng-shui-pabrik-kitchen-set

minimalisdesign com 2

minimalisdesign com

minimalisti com

sekedar-tahu blogspot com

honest abe model home in algood, tennessee (near cookeville)

sliding-closetdoors net2

(Sumber materi dan gambar : warnaimpian.com; pabrikkitchenset.wordpress.com; minimalisdesign.com; sliding-closetdoors.net. sekedar-tahu.blogspot.com)

 

Septana Bagus Pribadi, ST, MT

Staff Pengajar Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Undip

Tulisan ini dimuat di Rubrik Bale – Harian Suara Merdeka

Leave a comment

31 Comments

  1. Firmansyah

     /  May 18, 2013

    mas tanya donk… kalau meletak me
    sin cuci di atas kompor bgmana menurut fengsuinya?

    Reply
    • anas

       /  June 26, 2013

      ya kebakar dong mesin cucinya mas …
      hehe… bercanda ….

      Reply
  2. rinsa

     /  November 11, 2013

    sore …saya mau tanya ..dapur saya ada di luar rumah induk..luas dapur kami panjang 2,5 meter lebar 2 meter tetapi model dapur terbuka cuman diatas dapur tdk pakai genteng tetapi pakai dag cor coran..nah di ujung belakang dag saya taruh tandon air..apakah ini masalah? mohon bantuan solusinya..terima kasih

    Reply
  3. mau tanya, kl diblkg kompor ada jendela lebarnya 1m x 1m boleh nggak?

    Reply
    • kalau menurut feng shui dan menurut logika, sebaiknya kompor jangan berada di belakang jendela persis. karena akan terganggu oleh angin yang masuk/keluar, sehingga sedikit beresiko dan api kompor kurang efisien. kecuali bila bagian bawah jendela dibuat kaca mati saja, sementara jendela yang bisa dibuka dibuat di bagian atas

      Reply
  4. Chandra

     /  April 6, 2014

    Kompor berseberangan dgn lemari es apakah boleh? Diantara Kompor & lemari es ada pemisah berupa Island (lemari setinggi 90cm).
    Mohon advise nya.

    Thks,
    Chandra

    Reply
    • hehehee. ya kalau menurut ilmu feng shui sih enggak boleh meletakkan kompor berseberangan langsung dengan kulkas. island yang hanya 90 cm belum bisa jadi penghalang. Bila memungkinkan bagian atas island ditambah dengan partisi dari kaca blur hingga plafond, sekaligus berfungsi sebagai rak penyimpanan/pajangan. semoga bermanfaat

      Reply
  5. lina

     /  April 10, 2014

    Mau ty posisi kamar tidur,dapur,pintu utama,kamar mandi yg baik buat kami bgmn rumah saya menghadap kebarat sblmnya tq

    Reply
    • biasanya bila rumah menghadap ke barat, maka tidak bisa dihindari ada jendela kamar yang menghadap barat, radiasi panas bisa dikurangi dg kanopi (genteng atau beton) atau dengan penanaman vegetasi. Usahakan letakkan kamar yang lain di area tengah rumah. pencahayaan dan ventilasi bisa dibantu dg taman dalam. Dapur dan k mandi bisa di mana saja yang penting punya akses langsung thd cahaya dan ventilasi alami

      Reply
  6. supartini

     /  April 19, 2014

    mt mlm mw nx tmpy kompor sy berada d sblhx wastavel u cuci piring. smtra dapur n rung mkn menyatu dgn dpur tnpa perantara.. bgmn klw tmpt kompr sy berhadpapn dgn pintu kmr mandi? tp jarakx sktr 7meter.

    Reply
    • bila meja dapur hanya satu garis karena lokasi terbatas ya memang tidak bisa dihindari posisi kompor bersebelahan dg bak cuci piring. Untuk jarak kompor ke kamar mandi saya kira tidak masalah karena jaraknya jauh

      Reply
  7. endah

     /  April 21, 2014

    Saya mau tanya… Kebetulan dapur dirmh saya berada di lt.1, diatas dapur (lt.2) terdapat gudang tapi di lt.3 terdpt water toren dan solar water heater. Cuma posisi water toren dan water hiternya tdk persis diatas kompor. Ada jarak bersebrangan 1 mtr. Gmn boleh atau tidak ya mas? Trus rmh saya menghadap Timur laut, sebaiknya menghadap kmn yah mas utk memasak. Terima kasih.

    Reply
    • enggak masalah saya kira, karena ada lantai 2 sebagai barrier. Monggo silahkan menghadap ke mana saja, yang penting dapur punya ventilasi alami dan pencahayaan langsung🙂

      Reply
  8. rio

     /  August 29, 2014

    mohon bantuannya,saya akan pindah sewa paviliun menghadap timur berada di lantai 2 dengan tangga melingkar di teras luar.ruangan saya ukuran 3×6 rencana akan saya beri sekat utk ruang tidur dan ruang keluarga posisi pintu berhadapan dengan pintu menuju ruangan kecil dan kamar mandi,posisi pintu kamar mandi menghadap selatan.yang ingin saya tanyakan bila dapur saya buat di balkon terbuka depan kamar saya,atau di depan kamar mandi tetapi ruangannya cuma sekitar 1,25m x 1,5m.bagaimana menurut feng shui letak tata ruang yang baik dan pantangannya,mohon dibantu Pak,terima kasih

    Reply
  9. hendri

     /  September 10, 2014

    Apakah ada pengaruhnya dapur saya menghadap kedepan halaman rumah

    Reply
  10. agus

     /  September 15, 2014

    saya agus. saya ingin bertanya. apa bila rumah menghadap utara. posisi rumah melebar. yang saya ingin tanyakan. apakan tidak masalah apa bila kompor saya letakan di sisi kanan rumah menempel pada tembok? dan wastafel mengarah ke pintu utama. dan apabila saya meletakan kulkas sejejar dengan kompor akan bermasalah ? walaupun ada batas tembok antara kompor dengan kulkas ? mohon info nya terima kasih

    Reply
  11. saya baru ternyata ada aturan-aturan ya gan. terima kasih sangat bermanfaat sekali informasinya. bisa saya terapkan anti pada rumah saya.

    Reply
  12. wibisono

     /  February 17, 2015

    tolong Tanya, bagaimana dg posisi kompor yg di belakangnya agak ke bawah terdapat saluran pipa air bersih? terdapat juga saluran pembuangan air kotor yg berada di belakang bawah (tidak tepat berada di bawah ) kompor? di atas kompor (lantai atasnya) terdapat mesin cuci? terimakasih banyak bantuannya.

    Reply
  13. Sandra Arumdhati

     /  March 16, 2015

    Pak Septana.. saya sedang proses membangun rumah. Bisa jadi konsultan fengshui saya?

    Supaya gambar/denah rumah bisa diubah/direvisi sebelum konstruksi dimulai. Terima kasih.

    Sandra Arumdhati (sandraa@chevron.com)

    Reply
  14. mau tanya pak, dapur saya panjangnya +/- 3.5m tepat diatasnya adalah jemuran dan kamar mandi, sementara posisi kompor ada dibawah jemuran, dan posisi cuci piring adalah tepat dibawah kamar mandi pembantu dan jarak antara kompor dan cucian 1.5m, apakah bermasalah pak?

    Reply
  15. Lisbet

     /  April 28, 2015

    Saya sudah kirim email dan denah dalam rumah saya ke email Bapak, mohon saran dan tips dari bapak apakah tata ruangan baik kamar, dapur, dan ruangan lainnya sudah sesuai menurut kaidah Fengshui dan arsitektur yang baik. Terimakasih

    Reply
  16. susanti

     /  June 5, 2015

    mau tanya dunk Pak…rumah saya, dispenser air berada di belakang pintu yg menuju ruang makan, apakah masalah?

    Reply
  17. Valin

     /  August 18, 2015

    Jika letak kompor Dan wastafel terlanjur bersebelahan, gimana y mas ? Selain ITU dapur saya bentuknya terbuka, tidak Ada dinding belakang dapur, langsung taman belakang yg lebarnya sekitar satu meter, jadi kompor Dan wastafel melekat ke dinding samping, sebaiknya letak paling luar yg mana, kompor atau wastafel ??

    Reply
    • kalau sudah terlajur dan memang karena keterbatasan tempat ya nggak papa lah. Kalau menurut saya aspek fungsional lebih utama dibanding aspek aspek yg lain, misal estetika dan feng shui. Bila posisinya begitu sebaiknya kompor di dalam dan wastafel di luar. pertimbangannya supaya api kompor stabil, tidak terkena gangguan angin dan wastafel cepat kering sehingga tidak lembab

      Reply
  18. Rihanto

     /  November 12, 2015

    Apa solusinya kalo posisi tidur kita membelakangi kamar mandi?

    Reply
  19. Centini

     /  May 17, 2016

    Permisi Tanya, apakah ada cara mensiasati pintu utama yg mengarah lsg k dapur acara fengsui?

    Reply
  20. Permisi mau tanya, itu saya lagi bangun kitchen set, nah karena memang minim space, saya beli kitchen set berukuran 2.2m… yang mana kitchen sink dan kompor bersebelahan persis… apa kah bisa diakali dengan menambah meja antara kitchen sink dengan kompor? jadi tidak bersebelahan persis..

    terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: